Penemu Listrik – Michael Faraday

Saat ini listrik sudah merupakan kebutuhan paling penting bagi umat manusia. Dengan listrik segala aktifitas insan sanggup dengan gampang dilakukan. Listrik merupakan salah satu energi yang bisa dikatakan menguasai hajat hidup orang banyak alasannya keuntungannya yang sangat penting.


Penemu listrik yaitu Michael Faraday dan berkat penemuannya tersebut, ia lalu dijuluki sebagai ‘Bapak Listrik’. Michael Faraday dikenal sebagai ilmuwan yang banyak mempelajari banyak sekali hal. Namun laki-laki yang lahir pada tanggal 22 September 1791 di Inggris ini lebih banyak memberi perhatian pada bidang elektromagnetisme dan elektrokimia.



Sejarah Penemuan Listrik oleh Maichael Faraday











 Michael Faraday

Sebenarnya kelistrikan sudah menjadi sebuah fenomena semenjak zaman Yunani kuno. Hal ini diketahui ketika seorang cendekiawan Yunani berjulukan Thales menemukan sebuah fenomena unik ketika kerikil ambar yang digosok-gosok ternyata bisa menarik sehelai bulu. Hal ini lalu ia tuliskan dalam catatannya.


Dari hal inilah yang lalu memunculkan banyak teori-teori perihal kelistrikan yang banyak dikemukakan oleh para ilmuwan ibarat Ampere, Faraday, Coulomb dan Joseph Priestley. Diantara nam-nama tersebut, Michael Faraday memiliki donasi paling besar mengenai kelistrikan dan elektromagnetik.


Terkenalnya nama Michael Faraday sebagai ‘Bapak Listrik’ bermula ketika ia menciptakan sebuah eksperimennya yang pertama kali dengan memakai 7 uang logam yang lalu ia tumpuk dengan 7 lembaran seng serta 6 lembar kertas yang dibasahi air garam.


Hal ini ia lakukan mengikuti konstruksi tupukan Volta ketika menemukan beterai pertama kali. Dari ekperimen faraday ini lalu menguraikan magnesium sulfat. Selanjutnya, di tahun 1821, Christian Orsted mempublikasikan sebuah jurnal mengenai fenomena elktromagnetisme.


Dari hal itu lalu menciptakan Faraday mencoba melaksanakan riset lanjutan dari publikasi Orsted. Faraday lalu menciptakan sebuah alat yang lalu sanggup menghasilkan sebuah ‘Rotasi Elektromagnetik’ yang merupaka cikal bakal ditemukannya listrik oleh Faraday. Alat yang Faraday ciptakan berjulukan Homopolar Motor.



Menciptakan Homopolar Motor Untuk Menemukan Arus Listrik



Dalam alat yang diciptakan Faraday ini terjadi sebuah gerakan berputar terus-menerus, gerakan ini ditimbulkan dari gaya bulat magnet yang mengelilingi kawat yang panjang sampai kedalam larutan merkuri dan didalam larutan tersebut sudah terdapat magnet.


Sehingga kawat akan terus berputar jikalau dialiri listrik yang berasal dari sebuah baterai. Penemuan Faraday inilah yang lalu menjadi sebuah dasar dari Teknologi Elektromagnetik ketika ini.


Dari percobaan itu ia menemukan sebuah motor listrik pertama di dunia yang memakai listrik sebagai tenama penggeraknya.


Puncak inovasi medan listrik oleh Faraday ketika ia menciptakan melaksanakan percobaan dengan melilitkan dua kumparan kawat yang terpisah dan ia lalu menemukan apa yang dikenal dengan nama induksi timbal balik, magnet dilewati belahan kawat, maka fatwa listrik masuk ke kawat, yang lalu magnetnya berjalan.


Dari sini ia lalu menciptakan sebuah kesimpulan bahwa ‘Perubahan pada medan magnet sanggup menghasilkan medan listrik‘. James Clerk Maxmel lalu menciptakan rumus matematikanya dan lalu dikenal dengan nama Hukum Faraday.


…Satu-satunya yang saya perlukan ialah waktu, Alangkah hebatnya jikalau saya sanggup membeli waktu-waktu yang terbuang. – Michael Faraday


Kecemerlangan Faraday dalam menciptakan penemuan-penemuan besar tidak lepas dari sosok berjulukan Humphry Davy yang merupakan mentornya yang membimbing Michael Faraday di laboratoriumnya. Ia juga mengajak Faraday keliling Eropa untuk menambah pengetahuan mereka baik itu secara tekis maupun teoritis.


Dibawah bimbingan Davy, Michael Faraday banyak menciptakan sebuah penemuan-penemuan gres yang berkhasiat bagi insan dibididang kelistrikan.


Michael Faraday sendiri wafat pada tanggal 25 Agustus 1867. Untuk mengenang jasa-jasanya dibidang kelistrikan, namanya lalu diabadikan dalam sebuah satuan dalam ilmu fisika yaitu satuan kapasistansi dengan simbol (F) atau Faraday.


Semoga gosip ini bisa bermanfaat.


Sumber Link




Subscribe to receive free email updates: