5 Trik Jitu Membersihkan Laptop Yang Patut Dicoba


cara menggunakan laptop gres asus, cara menggunakan laptop gres beli, kelengkapan laptop baru, tips pertama kali beli laptop, cara menginstal laptop gres beli, apa saja yang harus diinstal pada laptop baru, hal yang harus dilakukan ketika pertama kali beli laptop, yang harus dicek ketika beli laptop baru. Dan jangan lupa baca juga 5 Tips Jauhi Smartphone Android dari Aplikasi Berbahaya di blog ini.











 apa saja yang harus diinstal pada laptop baru 5 Trik Jitu Membersihkan Laptop Yang Patut Dicoba
Ilustrasi laptop (iStockPhoto)


Siapa dari kau yang rajin membersihkan laptop yang sehari-hari digunakan? Banyak dari kau niscaya jarang membersihkan kotoran debu atau remahan masakan yang terjatuh di keyboard atau melekat di laptop.


Jika dibiarkan, kotoran yang melekat tentunya bakal menciptakan laptop yang digunakan kurang nyaman digunakan atau dipandang.


Berdasarkan laporan tim peneliti IT pada 2016, keyboard komputer berpotensi menjadi ‘rumah’ bagi banyak kuman, serupa dengan kawasan duduk toilet.


Karena itu, tidak ada salahnya seminggu sekali membersihkan laptop. Ada baiknya sebelum dibersihkan, kau mematikan atau mencabut baterai laptop biar tidak bermasalah.


Tanpa panjang lebar, berikut yaitu trik paling jitu membersihkan laptop sebagaimana dilansir Mentalfloss, Jumat (19/10/2018).


1. Casing Laptop


Pastikan mematikan laptop kau lebih dahulu. Saat dalam keadaan mati, ambil kain dan spons untuk membersihkan debu dari casing laptop.


Usahakan untuk menggunakan seminimal mungkin pembersih berbahan cairan yang lebih berpengaruh dari sabun yang dilarutkan.


Ada baiknya kau menghindari penggunaan alkohol atau pembersih yang mengandung zat hidrogen peroksida ketika membersihkan layar laptop.


Setelah membersihkan cuilan casing laptop dengan kain lembab, ada baiknya untuk dibersihkan kembali menggunakan kain kering.


Hal ini untuk menyingkirkan cairan yang melekat di casing laptop.


2. Hati-hati Bersihkan Layar












 apa saja yang harus diinstal pada laptop baru 5 Trik Jitu Membersihkan Laptop Yang Patut Dicoba
Ilustrasi laptop (iStockPhoto)


Layar laptop termasuk sensitif dibersihkan. Ada baiknya kau sedikit berhati-hati ketika membersihkan layar, khususnya material materi yang digunakan.


Kamu dapat menggunakan kain mikrofiber yang dibasahi air. Jika keduanya masih gagal, gunakan tisu khusus pembersih layar.


3. Bagian Keyboard


Selanjutnya, membersihkan kotoran dari keyboard harus perlahan-lahan biar air tidak masuk ke cuilan dalam.


Gunakan sekaleng udara terkompresi atau perangkat vakum kecil untuk menyingkirkan remah-remah yang mungkin terganjal di antara tombol keyboard.


Posisikan keyboard pada sudut 75 derajat ketika menyemprotkan udara ke dalam, dan putar laptop perlahan untuk membersihkan remah-remah yang membandel di dalam.


Setelah itu, oleskan korek kuping dengan alkohol untuk membersihkan lemak atau minyak yang membandel di antara tombol.


Usahakan untuk tidak terlalu banyak menggunakan alkohol, dan jangan sekalipun menempelkan korek kuping ke dalam keyboard


4. Trackpad












Ilustrasi laptop. Dok: theverge.com


Bagian terakhir yang wajib kau bersihkan yaitu trackpad di cuilan bawah keyboard. Untuk melakukannya, persiapkan kain berair yang bebas serat.


Untuk membersihkan minyak dari jari yang melekat di trackpad, ada baiknya kau menggunakan alkohol atau air.


5. Hapus File yang Tidak Digunakan


Setelah semua cuilan luar laptop sudah dibersihkan, ada baiknya kau sekaligus membersihkan ‘sampah digital’ biar laptop bekerja dengan mulus.


Hapus semua file yang tidak digunakan, bersihkan folder Recycle Bin, dan hapus file download-an yang sudah diperlukan.


(Vivi Hartini/Ysl)


Sumber : https://www.liputan6.com/tekno/read/3671803/5-trik-jitu-membersihkan-laptop-yang-patut-dicoba



Subscribe to receive free email updates: